Jamendo.com – Sebuah Contoh Nyata Musik Gratis dan Legal

Jamendo.comDulu saya sempat menulis sebuah konsep tentang kira – kira seperti apa industri musik(Indonesia khususnya) nantinya. Silahkan dibaca disini. Detail konsepnya memang tidak saya tulis. Tetapi intinya saya menginginkan (atau ingin membuat) situs yang berisi koleksi lagu – lagu (baik dalam format mp3 maupun ogg) dari musisi – musisi Indonesia. Tetapi bukan yang bajakan, atau ilegal. Melainkan legal. Jadi yang saya harapkan si pemilik lagu sendiri yang mengupload lagunya disini. Dan disediakan bebas untuk didownload secara gratis. Dan lebih jauh lagi, saya menginginkan agar website ini harus dibangun di atas sistem operasi Linux, dengan software – software legal. Untuk hal ini saya tidak tahu apakah Jamendo juga melakukan hal yang sama, mengingat pendirinya juga adalah seorang Linuxer (founder dari Lynucs.org). Ia juga teman dari Gael Duval (pendiri distro Mandrake Linux), yang sudah keluar dari Mandrake dan membuat distro baru Ulteo.

Sebagian musisi mungkin akan khawatir dengan hak cipta lagu dalam website Jamendo tersebut. Tetapi ini bisa ditangani dengan model lisensi dari Creative Commons License. Sedangkan mengenai bagaimana si musisi tersebut mendapatkan royalti/bayaran/ atau apapun yang intinya adalah “penghargaan” atas karya ciptanya, bisa dibaca pada tulisan saya tadi itu. Jamendo sendiri menyediakan opsi bagi hasil dari iklan di websitenya (dengan ketentuan tertentu) bagi musisi dan donasi dari user yang mendownload website tersebut.

Jamendo.com sendiri bagi saya merupakan “A Proof of Concept” dari apa yang saya bayangkan. Dan Jamendo melakukannya dengan sangat baik. Dan tidak hanya bagaimana musisi mendapat uang atas hasil karyanya yang di jelaskan dengan transparan, tetapi bagaimana Jamendo menghasilkan uang dari website nya tersebut pun dijelaskan.

Bagi para musisi, di Jamendo.com anda bisa mengupload lagu – lagu hasil karya anda sendiri. Syaratnya lagu hasil karya anda ini berlisensi Creative Commons. Kemudian anda bisa berbagi (share) lagu ini dengan teman – teman anggota Jamendo.com, karena Jamendo juga menyediakan fasilitas social network seperti Friendster dan MySpace. Saat ini sebagian besar isinya masih musik – musik dari Perancis, karena memang pendirinya adalah warga Perancis dan publikasinya sebagian besar dilakukan di Perancis dan negara – negara Eropa.

Bagi pengguna biasa anda bisa bebas mendownload lagu disini. Baik satu album penuh, ataupun per-track. Selain itu anda pun bisa menghasilkan uang juga melalui situs ini. Silahkan kunjungi situsnya untuk keterangan lebih lengkap.

Founder dari Jamendo.com adalah Sylvain Zimmer, seorang *mantan* mahasiswa Informatics & Applied Mathematics, ENSIMAG – Perancis. Dan Sylvain Zimmer sendiri adalah seorang “pejuang” open source dan juga Linuxer.

Hal yang cukup menarik disini adalah sepertinya bisnis opensource sepertinya memang tidak bisa dipisahkan dari dunia website. Saya masih menantikan (dan coba – coba merancang) bisnis seperti ini di Indonesia. Ayo..!

Satu hal lagi, ini juga bukti nyata dari : Bisnis, Website, OpenSource dan Linux bisa berjalan secara sinergi dan memberikan hasil yang luar biasa.

3 Comments

  • At 2007.12.18 21:15, pudakonline said:

    konsep bagus, mudah-mudahan bisa diterapkan untuk lagu-lagu dalam negeri

    • At 2008.11.23 14:34, gari said:

      nice article! kebetulan saia punya banyak lagu nganggur. kira2 bisa diupload ke situ gak ya?

      • At 2008.11.24 01:33, Okto Silaban said:

        setahuku bisa kok om.., coba aja

      (Required)
      (Required, will not be published)

      nangka